KEMNAKER BERI PENGHARGAAN UNTUK 10 PERUSAHAAN YANG MEMPEKERJAKAN PENYANDANG CACAT DI TAHUN 2016

26 October 2016

Per tanggal 22 September 2016, Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia telah mengeluarkan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2016 tentang Pemberian Penghargaan Kepada Perusahaan yang Mempekerjakan Penyandang Disablitas Tahun 2016. Dikeluarkannya Kepmen tersebut berdasar pada Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang penyandang disabilitas. Di dalam UU Nomor 8/2016 disebutkan bahwa perusahaan swasta diwajibkan mempekerjakan paling sedikit 1% (satu persen) penyandang disabilitas dari jumlah pegawai atau pekerja di perusahaan tersebut.

Ketentuan UU Nomor 8/2016 tersebut kemudian mendasari adanya pertimbangan untuk memberikan insentif kepada perusahaan swasta yang telah membantu negara mwujudkan kesamaan hak dan kesempatan bagi penyandang disabilitas menuju kehidupan yang sejahtera, mandiri dan tanpa diskriminasi. Pemberian insentif ini merupakan bentuk apresiasi atau penghargaan berupa piagam dan/atau plakat kepada perusahaan karena telah mempekerjakan penyandang disabilitas. Perusahaan yang terpilih menerima penghargaan adalah perusahaan-perusahaan yang lolos tahap penilaian dan seleksi oleh Tim Pemberian Penghargaan.

Bentuk Apresiasi Pemerintah ini telah dilaksanakan jauh sebelum Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 diterbitkan. Pemerintah, melalui Kementerian Ketenagakerjaan RI, telah memberikan apresiasi atau penghargaan kepada Perusahaan Swasta yang mempekerjakan penyandang disabilitas dari tahun ke tahun sejak tahun 2008. Sebelumnya, penghargaan ini berdasar pada Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1997 tentang Penyandang Cacat.

Sebelum diberikan penghargaan, perusahaan-perusahaan ini harus lolos terlebih dahulu verifikasi yang dlakukan Tim seperti dalahm hal K3, Jaminan Sosial, Upah dan akses disabilitas (bukan hanya dalam hal persentase jumlah yang dipekerjakan). Perusahaan-perusahaan yang dinilai adalah perusahaan-perusahaan usulan dari dinas dengan gambaran awal. Setelah menerima usulan dari dinas, tim kemudian melakukan verifikasi lapangan. Jenis dari perusahaan yang dinilai pun dibedakan sesuai kuota pegawainya.

Adapun nama perusahaan-perusahaan yang mendapatkan penghargaan di tahun 2016 antara lain:

1. PT Adis Dimension Footwear

2. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Cab. Pekanbaru

3. PT. Victory Chingluh Indonesia

4. PT. Adikencana Mahakotabuana

5. PT. Sumber Bintang Rejeki

6. PT. Delima Jaya

7. PT. Shima Prima Utama

8. CV. Andi Offset

9. PT. Fast Retailing Indonesia (UNIQLO)

10. PT. Union Concectionery Medan

Keterangan Selengkapnya dapat dilihat di dalam Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2016. (NN)

Berita Terkait

Lihat lainnya...
Copyright © 2016 Ditjen Binapenta dan PKK Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia