Call Center PTSA
+6221 5081 6000

Ini Daftar 165 Perusahaan PJP3TKA

02 February 2017

Sejak dikeluarkannya Peraturan Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta dan PKK) Nomor PER.455/PPTKPKK/III/2016 tentang Tata Cara Pendaftaran Perusahaan Jasa Pengurusan Perizinan Penggunaan Tenaga Kerja Asing (PJP3TKA), tercatat sampai dengan Mei 2016 telah disetujui izin bagi 165 perusahaan.


Peraturan ini dikeluarkan dalam rangka penertiban pengurusan perizinan penggunaan tenaga kerja asing (TKA), yang mana dapat dilakukan oleh perusahaan pengguna TKA langsung ataupun menggunakan jasa perusahaan lain. Perusahaan jasa yang berminat membantu pengurusan izin penggunaan TKA harus terdaftar dan mendapatkan izin. Untuk mendapatkan izin, perusahaan harus melengkapi persyaratan-persyaratan yang ditetapkan. Kemudian, akan dilakukan pengecekan dokumen dan pengecekan lapangan untuk memastikan kebenaran keberadaan perusahaan tersebut. 

Perusahaan yang lolos verifikasi, akan diberi kartu pengenal bagi 2 orang pengurusnya. Kartu tersebut diperlukan sebagai kartu masuk ke ruang pelayanan perizinan penggunaan TKA. Jadi, yang dapat masuk ke ruang pelayanan adalah pengurus dari perusahaan pengguna TKA langsung dan pengurus dari PJP3TKA. 


Masa berlaku izin PJP3TKA adalah satu tahun. Oleh sebab itu, bagi perusahaan pengguna TKA yang ingin menggunakan jasa pengurusan dari perusahaan lain, pastikan bahwa perusahaan jasa tersebut memiliki izin sebagai PJP3TKA dan pastikan bahwa izinnya masih berlaku. Keterangan lebih lengkap mengenai tata cara pendaftaran PJP3TKA dapat dilihat dalam peraturan dirjen di atas, sedangkan daftar perusahaan yang telah mendapatkan izin PJP3TKA dapat di-download di sini. (TD)  


Berita Terkait

Lihat lainnya...
Copyright © 2016 Ditjen Binapenta & PKK Kementerian Ketenagakerjaan RI