Call Center PTSA
+6221 5081 6000

SCA Berprestasi Dalam Pelatihan Barista

26 February 2018

SCA (Sumatra Coffee Association) berhasil menunjukkan prestasi dalam “Pelatihan Barista Pra Inkubasi In Wall 2018” di Lembang dengan keberhasilan anggotanya menjadi juara kompetisi barista dalam kegiatan tersebut.

Ketua SCA Joko Priyanto, SE., MM. di Medan, Selasa (20/2) mengungkapkan Balai Besar Pengembangan Pasar Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (BBPPK & PKK) Lembang, Bandung kembali memberi kesempatan kepada empat orang anggota SCA untuk ikut sebagai peserta dalam pelatihan yang telah digelar 12 sampai 16 Fevruari 2018.

Pelatihan tersebut diikuti 38 orang peserta dari berbagai provinsi di Indonesia. SCA mengirimkan tim yang terdiri dari Andri Ramadhan, Arief Kurniawan, Antoni Batubara, dan Dhaniel Febriansyah.

Kegiatan yang diadakan di Balai Pelatihan BBPPK & PKK Lembang dibuka secara resmi Kepala Seksi BBPPK & PKK, Iman Suratman. Pelatihan ini diprioritaskan kepada para penyaji kopi atau barista. Namun selain barista, pelatihan tersebut juga mempelajari pengembangan usaha kopi bagi para penggiat usaha kopi mulai dari hulu sampai hilir.

Pelatihan yang diselenggarakan BBPPK & PKK merupakan program resmi yang ditetapkan setiap tahunnya oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia yang bertujuan untuk menciptakan dan meningkatkan profesionalitas dan kualitas kerja sumber daya manusia para barista dan penggiat kopi di Indonesia agar bisa berkompetisi dalam perkopian nasional maupun internasional.

Joko Priyanto, SCA menjelaskan organisasi ini dibentuk di Medan pada bulan Oktober 2017 atas dasar kecintaan terhadap kopi Indonesia terutama kopi yang berasal dari Sumatera, yang diketahui kopi Sumatera jenis kopi arabika sumatera sudah diakui kenikmatannya yang memiliki ciri khas tersendiri oleh masyarakat pecinta kopi nasional dan internatsional.

Sejak 2017, SCA sudah mengirimkan 11 peserta  mengikuti pelatihan barista di BBPPK & PKK Lembang bahkan sudah menghasilkan tiga asesor bersetifikat BNSP atas nama Joko Priyanto, Arif Darmawan, Rangkuti, dan Agustinus Ompusunggu.

Saat ini SCA sebagai organisasi binaan BBPPK & PKK Lembang beranggotakan 70 orang yang terdiri dari petani kopi, roaster, pemilik kafe, trader, dan lain-lain.

Di dalam pelatihan ini diadakan kompetisi bagi para peserta untuk mempratekkan kepiawaian dalam meracik dan menyajikan kopi dengan metode manual (manual brewing) dan anggota tim SCA Arief Kurniawan berhasil tampil sebagai juara pertama mengatasi peserta dari Bekasi, Muhammad Naufan yang tampil sebagai juara kedua dan juara ketiga Yusrizal peserta dari Aceh.

Artikel Terkait

Lihat lainnya...
Copyright © 2016 Ditjen Binapenta & PKK Kementerian Ketenagakerjaan RI