Call Center PTSA
+6221 5081 6000

Ini 6 Motto Pelayanan Prima PTSA Kemnaker RI

17 January 2017

Pelayanan Terpadu Satu Atap (PTSA) Kementerian Ketenagakerjaan yang diresmikan pada 12 Oktober 2016 oleh Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri memberikan beragam pelayanan dalam bidang ketenagakerjaan. Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Ditjen Binapenta dan PKK) ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan PTSA tersebut.

Pelayanan yang diberikan di booth PTSA Ditjen Binapenta dan PKK antara lain: informasi pasar kerja dalam dan luar negeri, analisis jabatan, bimbingan karir, perizinan pelaksana penempatan tenaga kerja Indonesia swasta (PPTKIS), perizinan lembaga penempatan tenaga kerja swasta (LPTKS), informasi tenaga kerja Indonesia, maupun perizinan perusahaan jasa pengurusan perizinan penggunaan tenaga kerja asing (PJP3TKA). 

Dalam praktik pelayanannya, PTSA Kemnaker menerapkan 6 motto pelayanan prima, yaitu CERDAS (Cakap, Efektif & Efisien, Ramah, Disiplin, Akuntabel, dan Sopan). Keenam hal tersebut dicanangkan untuk dapat meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat dan mencegah praktik pungutan liar, calo, maupun KKN.

Seperti yang disampaikan Menteri dalam sambutannya, Kemnaker membentuk PTSA sebagai wujud kehadiran negara bagi masyarakat. Negara harus hadir untuk melayani siapapun yang datang karena membutuhkan informasi atau pelayanan administrasi. Dahulu, orang harus naik-turun lantai untuk mencari informasi. Sekarang, semua dilayani di ruang PTSA. Di samping itu, mekanisme ini juga menghindari praktik pungutan liar bagi masyarakat yang membutuhkan layanan dalam bidang ketenagakerjaan di seluruh unit-unit kerja Kementerian Ketenagakerjaan. 

Dengan motto pelayanan PTSA tersebut, masyarakat tidak perlu khawatir ataupun ragu akan pelayanan publik di bidang ketenagakerjaan yang kini hadir makin mudah, cepat, efektif, pasti, dan transparan. Bahkan PTSA memberikan fasitlitas berupa notifikasi short message service (SMS) ke telepon seluler pengunjung apabila dokumen yang ingin diproses sudah selesai (RI).


Artikel Terkait

Lihat lainnya...
Copyright © 2016 Ditjen Binapenta & PKK Kementerian Ketenagakerjaan RI